Untuk Para Pembaca dan yang sering mampir ke Blog ini, saya Teguh Satriya beserta Keluarga, mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 2012 - HAPPY NEW YEAR 2012...!!! Semoga Sukses di Tahun yang Baru ini...!!!

Recent Posts

Konteks Kelahiran Jawa

Dalam konsep Jawa, di alam kandungan ini, kasih sayang Allah mewujud melalui penjagaan dan perlindungan dari Sedulur Papat: kakang kawah, adhi ari-ari, adhi getih, adhi puser. Sebuah bait tembang dari Sunan Kalijaga menyatakannya:


"Ana kidung akadang premati
among tuwuh ing kuwasanira
nganakaken saciptane
kakang kawah puniku
kang rumeksa ing anak mami
anekaken sedya
pan kuwasanipun
adhi ari-ari ika
kang mayungi ing laku kuwasaneki
anekaken pangarah

Ponang getih ing rahina wengi
angrowangi Allah kang kuwasa
andadekaken karsane
puser kuwasanipun
nguyu-uyu sembawa mami
nuruti ing panedha
kuwasanireku
jangkap kadang ingsut papat
kalimane pancer wus dadi sawiji
nunggal sawujudingwang"

Artinya:
" Ada sabda tentang saudara kita yang merawat kita dengan sungguh-sungguh. Yang memelihara berdasarkan kekuasaannya. Apa yang dicipta terwujud. Ketuban itu yang menjaga badanku. Yang menyampaikan kehendak, memperhatikan sungguh-sungguh diriku, memenuhi permintaanku. Kekuasaannya itu. Maka, lengkaplah empat saudaraku, kelimanya sebagai pusat. Sudah menjadi satu. Manunggal dengan wujudku."

Achmad Chojim memberikan penjelasan atas tembang Sunan Kalijaga di atas, "Sekarang, marilah kita cermati konsep 'saudara empat' yang dilestarikan dan diwariskan oleh Sunan Kalijaga. Ketika terjadi pembuahan dan menjadi embrio yang menempel di dinding rahim - pada lapisan endometrium, empat saudara di dalam rahim tumbuh lebih cepat. Kandungan berusia 14 minggu (3,5 bulan) sudah kelihatan besar. Meski jabang bayi di dalamnya baru berukuran 6 cm panjangnya. Apa artinya? Yang tampak membesar itu sebenarnya jaringan plasenta (adhi ari-ari). Keempat saudara secara bersama-sama mengalirkan energi ke dalam janin. Merekalah yang ngemong - mengasuh, diri kita ketika di dalam kandungan ibunda sehingga hanya dalam waku 2,5 bulan kemudian (janin berumur 6 bulan), jabang bayi itu telah tumbuh menjadi 30 cm panjangnya.

Prinsip utama empat saudara kita itu adalah memberi. Mereka memberikan jiwa dan raga mereka kepada kita. Raga mereka lungkrah, membusuk, demi bayi yang dilahirkan di dunia ini. Energi jasad mereka digunakan untuk membesarkan jabang bayi. Inilah kasih sejati! Memberi tanpa meminta imbalan."

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More